Cara Atasi BootLoop Saat Upgrade Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4

Cara Atasi BootLoop Saat Upgrade Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4

Cara Atasi BootLoop Saat Upgrade Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4


Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk melakukan Upgrade sistem pada Asus Zenfone 4 yang saya miliki dari Android Kitkat ke Android Lollipop. Pembaharuan untuk melakukan upgrade ini telah tersedia dari mulai tanggal 5 juni 2015 pada situs resmi yang dimiliki ASUS. Silahkan baca artikel berikut bagi yang ingin upgrade Lillipop, Namun ada sedikit kendala saat saya melakukan instalasi/upgrade firmware Lollipop ini, yaitu terjadinya Bootloop atau hanya muncul loading pada logo ASUS selama berjam-jam dan tidak dapat masuk ke menu smartphone Asus Zenfone 4. Kebetulan Asus Zenfone 4 saya ini memiliki versi SKU firmware CHT/TW. Setelah saya otak atik, ternyata hal ini terjadi karena sistem yang lama yaitu sistem Android Kitkat terdahulu yang kita miliki tidak bersih atau kita telah melakukan berbagai perombakan sistem bawaannya sehingga firmware android kitkatnya mengalami masalah saat di Upgade ke lollipop.

Cara Atasi BootLoop Saat Upgrade Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4

Untuk mengatasi gagalnya pemasangan/install/upgrade/update OS Android Lollipop ini pada perangkat Asus Zenfone 4 Anda, Anda bisa melakukan faktory reset (kembali ke setelan pabrik) melalui discovery mode dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Tekan dan tahan Tombol Power Asus Zenfone 4 Anda hingga Asus Zenfone 4 Anda benar-benar mati. Cabut memori Eksternal Anda untuk mengamankan data Anda karena semua data pada perangkat Anda akan hilang.
  2. Lakukan pengisian daya dahulu jika Asus Zenfone 4 Anda hanya memiliki daya di bawah 30%.
  3. Tekan dan tahan ketiga timbol Asus Zenfone 4 Anda yaitu, tombol power, tombol volume (-) dan tombol volume (+) hingga muncul icon android menggunakan helm kuning, hal ini kita lakukan agar Asus Zenfone 4 Anda masuk ke menu discovery (discovery mode) seperti gambar di bawah ini,
    Cara Atasi BootLoop Saat Upgrade Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4

  4. Pilih tulisan " Factory Reset " dengan menekan tombol volume (-) untuk turun dan tombol volume (+) untuk naik,  lalu tekan tombol power untuk memilih/ok.
  5. Proses reset smartphone Anda pun akan segera dimulai, setelah selesai Asus Zenfone 4 anda akan booting secara otomatis. Mungkin akan memakan waktu beberapa menit, namun tunggu saja dengan sabar.
  6. Taraaa... Anda telah berhasil Booting lagi ke Asus Zenfone 4 Anda dan memulainya dengan memilih bahasa saat pertama kali masuk. Dan Asus Zenfone 4 Anda sudah berhasil ter upgrade Android Lollipop yang sebelumnya mengalami gagal Booting/ Bootloop.
 
Selamat Anda telah berhasil melakukan Upgrade Asus Zenfone 4 Anda ke Android Lollipop dimana sebelumnya Anda mengalami Bootloop atau gagal memasuki sistem. Cara ini berhasil saya lakukan pada Asus Zenfone 4 saya. Anda juga bisa mencobanya pada Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 6. Namun jika setelah melakukan factory reset anda juga tetap mengalami Bootloop atau berhenti pada logo asus selama berjam-jam, maka cara lain adalah dengan melakukan flashing atau instal ulang Asus Zenfone 4 Anda.



Sekian tentang " Cara Mengatasi BootLoop / gagal booting Saat Upgrade/update/install Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4" terimakasih...
Cara Atasi BootLoop Saat Upgrade Android Lollipop Pada Asus Zenfone 4 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown