Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data Di HP Android

Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data Di HP Android


Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data Di HP Android - Ketemu lagi hari ini di Tips dan Trik Penting Untuk prangkat handphone android, kali ini saya akan membagikan seputar cara memaksimalkan efisiensi kantong jatah untuk membeli pulsa kamu. Salah satunya dengan menghemat penggunaan internet di hp kamu sehingga kantong tidak jebol.

Kita tahu semakin hari kepopuleran smartphone semakin populer saja. Banyak yang telah menggunakan handphone pintar ini. Selain memang karena kebutuhan dan keperluan serta fungsi nya, smartphone banyak diminati karena memiliki nilai gengsi tersendiri jika kita memiliki smartphone ( iphone / blackberry / android ). Seperti yang kita ketahui, saat ini smartphone paling populer adalah perangkat berbasis Android dengan jutaan pengguna baru perharinya yang diadopsi oleh berbagai merek terkenal dunia, SAMSUNG, HTC, LG, OPPO, APPLE, BLACKBERRY, NOKIA dll. Nah buat kalian yang baru pertama kali menggunakan perangkat Android tentu merasa asing ketika menggunakannya. Ya, hal itu memang wajar karena tentu orang akan merasa asing dan tdak familiar dengan hal yang baru pertama kali dikenalnya.

Beberapa kelompok orang-orang bahkan awam dengan teknologi baru ini, sehingga muncul beberapa keluhan saat menggunakan perangkat berbasis OS Android. Seperti hal nya keluarga saya yang mengeluh karena pulsa handphone nya cepat sekali habis. Saya pun menjelaskan dan menjabarkan beberapa alasan dan solusi tentang hal pulsa yang cepat habis, sama seperti yang sudah saya tuliskan pada posting Mengapa Android menyedot pulsa di blog ini. Ya, memang hal itu dikarenakan perangkat smartphone android kita akan terus menggunkan paket data internet agar semua fitur yang ada di dalamnya berjalan dan bekerja dengan normal dan baik sehingga kita HARUS selalu menyediakan pulsa atau paket internet untuk perangkat smartphone android kita khususnya.

Kemudian, namun yang tidak diketahui terkadang kuota yang disediakan selalu terasa agak kurang dan cepat sekali habis sehingga nantinya akan menyedot pulsa hp smartphone android kita ketika kuota sudah habis. Akan kita bahas cara tips nya agar kuota internet menjadi hemat, Sebenarnya borosnya penggunaan data sendiri tergantung dari perilaku pengguna.

Semakin sering kita menggunakannya untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan akses internet, semakin cepat pula kuota paket data akan berkurang. begitu juga jika kita jarang melakukan maintenance rutin untuk handphone android kita. Agar tidak terjadi hal yang demikian ( pulsa cepat habis karena kuota habis ) terdapat 2 solusi yang bisa kamu simak. Akan saya jelaskan di artikel panduan tips dan trik android ini. Yang pertama adalah mengatur batas lalu lintas data / traffic data seperti yang sudah pernah saya tulis pada posting cara membatasi pemakaian internet pada Android di blog ini ( khusus Android versi 4.0 ke atas ), lalu yang kedua adalah menghemat penggunaan data sendiri.

Nah pada posting kali ini BestAppSoftware akan memberikan beberapa tips dan trik untuk menghemat penggunaan kuota internet atau paket data pada perangkat hp Android. Berikut ini :

1. Carilah jaringan WiFi

Pernahkan kamu mendengar orang lain yang bertanya "Mas, disini ada WiFi nya gak?" pada suatu tempat hangout atau tempat makan ? Ya, tentu tujuannya hanya ada dua, yakni ingin online gratis baik dengan PC maupun hp android dan tentu untuk menghemat penggunaan kuota internet / paket data.

2. Matikan auto sync ( auto synchronization ) jika tidak dibutuhkan

Jika kamu tidak membutuhkan pemberitahuan real time soal e-mail dan akun - akun online lainnya seperti akun merek seperti samsung account, dll, kamu bisa mematikan fitur auto sync ( auto synchronization ) pada perangkat smartphone Android kamu agar tidak memakan terlalu banyak paket data / kuota internet. Kamu bisa melakukannya dengan mengakses menu setting -> account & sync ( akun & sinkronisasi ) lalu akan ada tombol "ON", sentuh tombol itu agar menjadi "OFF".



3. Kurangi "Jam Terbang" kamu di Dunia Maya

Ya, itu benar ! Pasti semakin sering kamu melakukan aktivitas online, tentu penggunaan paket data / kuota internet kamu akan semakin besar.

4. Selalu Matikan auto update ( update otomatis ) pada handphone android kamu yaitu aplikasi yang ada di didalam android kamu

Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan sangat borosnya penggunaan paket data / kuota internet pada gadget android. Pengguna tentu akan menginstall beberapa aplikasi tambahan pada perangkat Android nya bukan ? Dan ukuran dari aplikasi tersebut bervariasi, mulai dari yang ukuran ratusan kilobyte hingga puluhan megabyte. Perkembangan ( perbaikan, penambahan fitur dll. ) dari masing-masing aplikasi android nya pun sangat cepat. Maka dari itu mematikan fitur update otomatis pada aplikasi dirasa sangat perlu untuk menghemat pemakaian data / kuota internet kamu, mengingat kita tidaklah wajib untuk mengupdate tiap aplikasi secara rutin karena kebanyakan hanyalah update aplikasi minor.

5. Disable / Turn off / Matikan aktifitas background data pada aplikasi android atau dari sistem android yang tidak berkepentingan

Sebagian aplikasi Android atau dari sistem android akan menggukana paket data internet yang kamu gunakan di background atau dibalik layar tanpa diketahui. Beberapa aplikasi yang kurang berkepentingan pun terkadang akan menggunakan paket data kamu untuk keperluan yang banyak dan beragam. Untuk itu rasanya perlu kita lakukan "pembatasan" agar aplikasi tersebut tidak memakan paket data kita pada saat tidak digunakan. Berikut beberapa langkah mudahnya ( untuk Android versi 4.0 ke atas ) :

Silakan masuklah ke menu setting lalu pilih data usage ( penggunaan data ). Lalu centang set mobile data limit seperti pada gambar dibawah ini :


Kemudia kamu scroll ke bagian bawah, maka akan terlihat aplikasi apa saja yang menggunakan paket data internet dari hp android kamu. Tips dan trik nya adalah, dari aplikasi - aplikasi android tersebut, carilah aplikasi android yang menurut kamu tidak berkepentingan dan ingin kamu matikan aktifitas internet background nya. Perhatikan gambar di bawah ini :


Perhatikan box berwarna merah pada gambar sebelah kanan, itu adalah banyaknya paket data / kuota internet kamu yang digunakan di background. Untuk mematikannya, silahkan centang Restrict background data seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna hijau. Kamu pun dapat mempelajari selengkapnya tentang pembatasan penggunaan paket data pada Android pada posting cara membatasi pemakaian internet pada Android di blog ini.

6. Hilangkan widget cuaca dari home screen Android kamu

Hampir semua perangkat Android akan menyertakan widget cuaca pada home screen nya. Biasanya widget di perangkat handphone android akan membutuhkan akses data atau dengan kata lain kuota internet yang lumayan yang mejauhkan dari maksud kita untuk menghemat kuota internet atau paket data internet. Biasanya widget ini menggunakan internet untuk memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, namun ini perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan internet yang berlebihan, belum lagi jika berkala dan terus menerus. Tentunya agar tidak mengurangi waktu online kamu.

Nah demikian beberapa Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data Di HP Android. Pasti bermanfaat buat kamu.
Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data Di HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown