Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasi Bootloop di HP Android

Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasi Bootloop di HP Android

keluar dari keadaan hp android yang bootloop
Cara keluar dari Keadaan Bootloop Android
My Android Tips on Definisi Bootloop, Pengertian Bootloop, Cara Mengatasi Bootloop di HP Android.

Perangkat HP Android bermasalah restart terus-menerus ?

Perangkat HP Android tidak bisa dinyalakan ? Android looping di boot screen ?

Perangkat android kamu tidak mau menyala setelah di modifikasi ?

Sudah pasti masalah kalian adalah bootloop pada hp android, simak terus artikel ini untuk pengertian lalu ke solusi cara mengatasi hp bootloop / memperbaiki hp bootloop android.

Di post ini, saya akan share apa itu bootloop dan cara mengatasinya di perangkat hp android. Pengguna android juga pasti sudah banyak mendengar kata-kata ini, namun sebagian mungkin ada yang belum merasakan efeknya jika tidak terlalu minat meng custom android, namun tetap kamu harus mengerti untuk bekal pengetahuan.

Android boot loop merupakan masalah yang dialami oleh hampir sebagian besar gadget dengan sistem operasi hp smartphone baik itu smartphone maupun tablet android yang biasanya telah me modifikasi perangkat yang dimiliki.

Pengertian Bootloop adalah adanya masalah pada sistem android dimana tidak bisa melakukan start up sehingga sebelum masuk ke menu home, akan tetapi otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone. hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan tidak bisanya menggunakan hp smartphone kalian / tidak bsa menyalakan hp android. saya menyarankan untuk tetap tenang dan sabar. banyak kasus cara untuk mengatasi bootloop di hp smartphone yang satu dengan yang lainnya berbeda. Penting untuk mengetahui penyebab android bootloop terlebih dahulu agar dapat mengatasinya dengan benar.


Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasi Bootloop Pada Android



Terkadang kita gegabah dan terburu-buru dalam mengambil tindakan pada saat hp smartphone bermasalah. mungkin karena dalam kondisi panik membuat kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi bootloop, dan tanpa berpikir panjang langsung mem praktek kan cara tersebut tanpa memperhatikan penyebab dan jenis android yang digunakan. Belum tentu cara yang dipilih tersebut sesuai dengan tipe hp smartphone kita bahkan hal ini akan sangat beresiko memperburuk masalah kerusakan pada android kita. Berikut kita simak aneka ragam bootloop dan penyebab bootloop pada hp android.

Macam-macam Bootloop pada HP Android :

1. Android Light Bootloop. Ini merupakan boot loop yang paling mudah diatasi penyebabnya. Light loop ini biasanya terjadi karena pada penggunaan ponsel android dalam keadaan pemakaian normal, melakukan install aplikasi, bermain game namun tiba-tiba saja saat restart dan dinyalakan android bootloop hanya berhenti di logo, dan kita yakin tidak meng-oprek hp smartphone apalagi sampai masuk kedalam system mengubah file system maupun recovery mode pada android.

Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk perangkat seperti tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu. Cara lainnya untuk tablet : Selama berhari-hari nyalakan tablet terus menerus hingga baterai kehabisan daya, cara ini lebih efektif menangani masalah light bootloop dibanding mencabut timah yang lebih tidak aman.

2. Android Medium Bootloop. Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik ponsel android miliknya / customizing android. Medium boot loop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android  masih bisa dinyalakan masih bisa masuk kedalam recovery mode.

Cara mengatasi medum bootloop : Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan pc berbasis windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan tipe hp android yang sama.

cara menangani hp bootloop android
Recovery Mode CWM Screen HP Android

3. Android Hard Bootloop. Hard boot loop atau lebih tepatnya hard brick ( baca : hp smartphone bricked ) adalah tingkatan boot loop yang paling berbahaya karena kita melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting ponsel hp smartphone kita dan yang muncul hanya logo android. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external / micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop hp smartphone seperti ini.

Cara mengatasinya : kalian perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android. Untuk cara flashing yang lebih rinci akan saya update di artikel berikutnya.

Sekian dahulu artikel tentang Definisi Bootloop, Pengertian Bootloop, Cara Mengatasi Bootloop di HP Android ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian tentang perangkat hp android. terima kasih sudah berkunjung.
Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasi Bootloop di HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown