Cara Bisa Mengirimkan Game Aplikasi via Bluetooth ke HP Android

Cara Bisa Mengirimkan Game Aplikasi via Bluetooth ke HP Android

Cara Agar HP Android Bisa Mengirimkan Game dan Aplikasi via Bluetooth ke HP Android Lain - Nah sobat, pernah kah temanmu melihatmu memainkan game di HP dan dia meminta untuk langsung mengirimkan game android lewat bluetooth ? kamu pasti tidak bisa kan, karena sistem android tidak mengizinkan kita untuk mengirimkan aplikasi yang sudah terinstall di perangkat smartphone android. Kamu pasti sering bertanya-tanya bagaimana caranya agar bisa mengirimkannya ? sekarang kamu bisa ! sekarang di post artikel ini akan saya share, simak ya :)

Yang akan saya bagikan dan jelaskan dan paparkan sekarang menurut saya wajib untuk dimiliki bagi kalian yang selalu ingin berbagi aplikasi yang terinstall di Smartphone Android kepada teman sehingga tidak perlu lagi untuk mengambil ulang game atau aplikasi android tersebut dari google play store / app store. Ini juga berguna jika handphone kamu diharuskan untuk hard reset ataupun factory reset / flashing bahkan mengganti perangkat hp, agar HP ter-backup dan nantinya tinggal me-restore handphone.

Ada banyak program beredar yang dapat digunakan untuk membackup aplikasi di HP Android kamu, namun disini saya akan menjelaskan yang paling populer, bagus dan efektif tentang cara menyimpan atau backup apps ke file .apk sehingga nanti dapat dengan mudah dipasang / di install kembali di perangkat hp android, yaitu menggunakan aplikasi ES Explorer. Selain itu, juga karena aplikasi ES Explorer atau ES File Explorer File Manager mempunyai fitur yang sangat powerful dan lengkap ( all in one ). Berikut keunggulan dan kelebihan yang dimiliki apps ES File Explorer File Manager :
  1. Mengelola File.
  2. Mengelola Aplikasi Android ( Game Android ).
  3. Mengelola file secara remote ( jarak jauh dengan handphone android lainnya ).
  4. Built-in ZIP and RAR archiver, membaca / ekstrak dan membuat file ZIP dan RAR dengan mudah
  5. Built-in viewer atau player berbagai macam file media seperti foto, musik, dan video yang mencakup berbagai ekstension ( MP3, MP4, 3GP, AVI, WMV, WMA, dll. ).
  6. Viewer dan text editor seperti notepad.
  7. Dapat berfungsi sebagai FTP client untuk berbagi file atau transfer file lewat internet langsung dari perangkat handphone android.
  8. Support / Mendukung cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, dll.
  9. Bluetooth file browser.
  10. Task Killer ( Task Manager ) dalam satu klik.
  11. Root Explorer.
Daftar diatas adalah fungsi-funngsi dari aplikasi android ES File Explorer File Manager, sangat banyak seperti yang saya bilang di awal artikel yaitu all in one app. Saya telah mencobanya menggunakannya dengan skema seperti berikut, kamu yang memiliki lebih dari satu handphone, menginstall apps yang sama berulang-ulang hanya akan menghabiskan waktu dan bandwidth / kuota internet.

Solusinya adalah backup apps yang ada di android, kemudian men-transfer-nya ke handphone lainnya, lalu pasang / install aplikasi yang di backup barusan sehingga semua apps nya sama seperti di hp android yang pertama, atau bisa juga untuk memberikan game / aplikasi ke handphone temanmu tanpa harus mendapatkan dari Google Play lagi, sehingga tidak perlu mengambil aplikasinya dari app store berulang-ulang.

Backup yang di maksud tadi adalah mengubah aplikasi yang sudah terinstall menjadi .apk sehingga kamu bisa mengirim dan menginstallnya di handphone yang lain. Untuk backup aplikasi ke file .apk menggunakan ES Explorer, untuk level akses, smartphone Android tidak memerlukan akses root untuk menggunakan apps ini, namun jika kamu berniat me-root perangkat handphone baca tutorial root untuk semua handphone android. Langsung kita ke langkah-langkah lengkap tutorial untuk menjadikan handphone memiliki cadangan .apk :


  • Jika kamu belum memiliki program aplikasi ES Explorer dapatkan dan install aplikasi ES Explorer gratis dari google play store di halaman ini.
  • Setelah terinstall, jalankan aplikasi tersebut.
  • Kemudian cari dan pilih menu AppMgr.
  • Lalu setelah itu maka akan tampil aplikasi-aplikasi yang telah terinstall di perangkat handphone Android.
  • Pilih apps yang ingin di backup dengan cara tekan dan tahan ( press and hold ) pada ikon apps / game tersebut yang diinginkan.
  • Kemudian pada menu yang tampil pop-up, pilih Backup, tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses backup sudah selesai, untuk melihat hasilnya bisa dilihat di folder drive SDCARD perangkat smartphone android /sdcard/backups/apps.
Dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk berbagi aplikasi kepada teman via bluetooth, kabel data dan lainnya, atau pun mem-backup semua aplikasi di perangkat android. Semoga artikel Cara Agar HP Android Bisa Mengirimkan Game dan Aplikasi via Bluetooth ke HP Android Lain ini dapat bermanfaat, pasti berguna untuk kamu.
Cara Bisa Mengirimkan Game Aplikasi via Bluetooth ke HP Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown