Tutorial Cara Menambah dan Melegakan RAM Memory Android

Tutorial Cara Menambah dan Melegakan RAM Memory Android


Tutorial Cara Menambah dan Melegakan RAM / Memory Android Kesayangan Kamu - Halo sobat semua, bagi kamu para pengguna handphone atau tablet android, apabila merasa berat saat membuka suatu aplikasi android atau game sekalipun, dan ternyata setelah kamu melihat kapasitas RAM yang kamu gunakan sudah penuh / hampir penuh, itulah sebenarnya yang menyebabkan Aplikasi android kamu berat dan memakan waktu lama saat di buka. Pasti kamu akan berfikir bagaimana cara melegakan RAM atau menambah kapasitas di android. Maka dari itu di Artikel yang saya buat kali ini saya akan membahas cara menghemat penggunaan / melegakan RAM dan baterai di Android dengan aplikasi yang dinamakan Greenify beserta cara memasang dan menggunakannya.

RAM atau random access memory adalah sebuah komponen yang memang dibutuhkan dan selalu ada di setiap komponen elektronik di masa kini sejak pertama ditemukannya komputer sampai sekarang .

RAM selalu ikut andil di dalamnya cara memiliki sejarah yang panjang bersamaan dengan komputer sebagai perangkat induknya.

HP sekarang terutama smartphone tentu saja juga adalah keturunan dari komputer pasti memiliki komponen ram nah tutorial cara menambah dan melegakan ram akan kita bahas untuk agar kamu tidak merasa kesulitan seperti merasakan layar yang patah patah atau hal lainya dalam program hp smartphone kamu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Tutorial ini adalah ditunjukkan kepada kalian yang memiliki handphone kesayangan yang menginginkan optimalisasi terhadap handphone nya tersebut terutama optimalisasi komponen didalamnya seperti ram yang sedang kita bahas.

Perlu kita ketahui bersama bahwa aplikasi-aplikasi pada handphone android selalu berjalan tidak terkontrol di latar belakang ( background ) walaupun kita tidak membukanya, nah oleh sebab itu dengan aplikasi greenify ini yang fungsi utama nya adalah untuk menghibernasi semua aplikasi kita dan dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi dan game android yang berjalan dilatar belakang, jadi apabila kita tidak butuh aplikasi tersebut akan nonaktif dan bila kita membutuhkan baru aktif. Perlu kamu ketahui bahwa menghibernasi app, kapasitas RAM jadi tidak sesak berbeda halnya dengan task killer karena kalau task killer langsung di stop paksa aplikasi sedangkan aplikasi android greenify ini hanya meng hibernasi kan aplikasi / game android dan dipending menjadikan aplikasi lebih Aman.

Nah setelah menguji coba, keuntungan yang saya dapatkan setelah menggunakan aplikasi ini selain dapat membuat free RAM sekitar 250 MB - 350 MB, aplikasi ini juga memiliki kelebihan lain seperti mengirit penggunaan baterai saya, no lag, membuat kuota internet di android saya jauh lebih hemat jadi ini merupakan aplikasi yang sangat bagus dan recomended untuk kamu coba. Nah bila kamu tertarik menggunakan aplikasi ini berikut persyaratan dan Tutorial Cara Menambah dan Melegakan RAM / Memory Android Kesayangan Kamu dengan Greenify:

Persyaratan dapat menggunakan aplikasi android ini  :
  1. Perangkat android sudah versi Jelly Bean.
  2. Perangkat android kamu sudah dalam keadaan Rooted, nah bila belum di root kamu bisa baca tutorial cara me-root android Disini.
  3. Greenify Donate version Pack.zip dapatkan Disini.
Perhatikan: untuk memudahkan kamu, disarankan untuk mendapatkan aplikasi Greenify donate version ini melalui PC / Laptop kamu.
Kemudian bila ketiga persyaratan diatas sudah oke semua, kita bisa ke proses selanjutnya, kamu bisa menyimak tutorial cara memasang greenify berikut ini :
  • Jika kamu sudah mendapatkan Greenify yang donate version melalui PC / Laptop kamu, Ekstrak dulu Greenify_Donate_Pack.zip, lalu pindahkan semua file apk nya ke SD Card Android milik kamu.
  • Lalu setelah itu install semua aplikasi nya satu persatu.
  • Langkah selanjutnya buka aplikasi Lucky Patcher yang barusan kamu install juga, pilih Aplikasi untuk melegakan RAM Greenify ( donation ) kemudian buka menu patch => Hapus Verifikasi Lisensi => Auto Mode.
  • Lalu buka Xposed installer, kemudian pilih/install framework, klik dulu "install/update" lalu reboot.
  • Kemudian buka lagi Xposed Installer, pilih Modules lalu centang Aplikasi Penambah RAM Greenify 1.95. Lakukan reboot lagi.
  • Untuk cara penggunaanya jika kamu ingin menghibernasi semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang / background process ketika handphone android terkunci atau sedang tidak digunakan : Buka Greenify, pilih menu dikiri bawah > Fitur Eksperimental. Kemudian beri ceklis pada pilihan menu tertentu sesuaikan seperti pada point ke tiga gambar dibawah ini :
  • Sedangkan untuk cara penggunaannya jika ingin meng hibernasi aplikasi atau game android ketika handphone sedang menyala : buka greenify lalu Touch tanda “+” di kanan bawah untuk mencari dan memulai hibernasi aplikasi, klik aplikasi yang diinginkan yang akan dihibernasi kemudian tekan ceklis dipojok kanan atas. proses ini cocok bagi gamer sebelum memulai aplikasi permainannya, agar RAM lebih lega dan membuat bermain game pun akan lebih lancar / smooth, jadi nanti kita bisa hibernasi aplikasi-aplikasi yang kira-kira dapat berjalan dibackground sebelum mulai bermain game.

  • Atau jika auto hibernate ini tidak berjalan bagaimana semestinya terhadap aplikasi android atau game android, kita harus menghibernasi aplikasi yang tidak ter hibernate / tertunda tersebut secara manual seperti gambar di bawah ini agar RAM tetap dapat bertambah kapasitasnya / menjadi lega :
Cara Melegakan RAM dan Menghemat Baterai Android Menggunakan Greenify
  • Tanda pause / Zzz pada gambar diatas adalah tombol untuk hibernasi aplikasi Android yang membuat RAM semakin optimal.
Catatan Penting : Ingat jangan meng-hibernasi aplikasi android service setcpu, sebab aplikasi tersebut penting untuk proses penghematan baterai handphone kalian, nanti bukannya RAM lega dan bertambah serta baterai menjadi lebih hemat, malah menjadi semakin berat dan boros :( , dan Jangan meng-hibernasi aplikasi-aplikasi yang kamu rasa penting untuk tetap selalu berjalan di background. Contohnya : Setcpu, weather widger, clock, BBM mungkin, dsb. Karena aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mestinya jika di hibernasi, seperti pesan yang tidak akan sampai dan lain-lain, dan membuat repost sebab harus di launch dahulu agar kembali hidup. Silahkan kamu pintar-pintar memilih mana aplikasi yang harus dihibernasi agar RAM semakin lega dan optimal dan mana yang tidak.
Jadi, ya kurang lebih itu cara yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM "Menambah RAM" :) serta Baterai ponsel android kamu. Pasti bermanfaat untuk kamu, selamat mencoba.







Tutorial Cara Menambah dan Melegakan RAM Memory Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown