Cara Membuka / Ektrak File ZIP dan RAR di Android Smartphone

Cara Membuka / Ektrak File ZIP dan RAR di Android Smartphone

Berkas Dokumen RAR / ZIP
Cara Membuka / Ekstrak File ZIP dan RAR di Android Smartphone Kesayangan Kamu - Ketemu lagi sobat sekalian, Di kesempatan share kali ini, saya akan share cara untuk membuka atau meng-ekstrak file ZIP atau RAR di smartphone atau tablet Android kalian.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuka atau meng-ekstrak file ZIP dan RAR langsung di smartphone atau tablet kamu. Nah untuk yang belum tahu, File ZIP dan RAR adalah file / berkas hasil dari kompres dengan program / aplikasi tertentu, misal seperti WinRAR atau 7-Zip dengan tujuan untuk menggabungkan beberapa file / berkas ataupun satu file / berkas dan menjadikan ukuran file / berkas tersebut menjadi lebih kecil sehingga lebih efisien dalam hal penggunaan hard drive untuk penyimpanan file / berkas.

Nah layaknya seperti di komputer, untuk membuka / ekstrak file / berkas yang telah di efisien kan / di kompres tersebut membutuhkan suatu aplikasi seperti WinRAR atau 7-Zip, jadi kamu tidak akan bisa membuka file / berkas ZIP dan RAR secara langsung tanpa aplikasi third-party / tambahan, lalu bagaimana cara membuka / meng ekstrak file ZIP dan RAR di perangkat kamu ? Sebenarnya sangat mudah di lakukan, yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi freeware / app gratis yang telah tersedia di Google Play. Ya di Google Play Application Store menyediakan Aplikasi untuk membuka file / berkas ZIP atau RAR dengan mudah dan gratis, juga tersedia hingga ribuan aplikasi lainnya yang bisa kamu dapatkan. 

Kemudian dari banyak aplikasi android yang terdapat di Google Play Application Store, mana aplikasi android untuk membuka / meng ekstrak yang bagus, keren, cocok untuk kamu dan mudah digunakan ?

Penulis sudah siapkan daftarnya untuk kamu semua. Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk Membuka / Meng Ekstrak File RAR dan ZIP ini untuk Perangkat Smartphone Android, tetapi disini saya akan memberikan beberapa aplikasi yang di rekomendasikan, yang 5 stars / hampir 5 stars, yang sebelumnya juga sudah saya gunakan dan sangat berguna untuk membuka file / berkas yang di kompres menjadi ZIP atau RAR. 

Berikut daftarnya, beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Application Store yang bisa kamu dapatkan, install dan langsung kamu gunakan : 


2. Easy Unrar, Unzip & Zip

Yang pertama, Easy Unrar, Unzip & Zip. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini tidak hanya untuk ekstrak tapi dapat juga untuk membuat file / berkas ZIP maupun RAR dengan mudah. Easy Unrar ini juga bisa kamu gunakan juga untuk meng explore isi file ZIP dan RAR. Selain itu, kamu bisa juga membuat file RAR dari beberapa dokumen dan file kamu dengan aplikasi ini. 

Kamu bisa menjalankan aplikasi ini di smartphone ataupun tablet tanpa masalah apapun, problem free. Cara penggunaannya juga bisa dikatakan sangat mudah. Dapatkan segera aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip disini.


 3. ZArchiver
Fungsinya hampir sama seperti aplikasi diatas. ZArchiver, aplikasi ini berguna untuk mengumpulkan/ menggabungkan file berekstensi rar, zip, tar, tar.gz, dan lainnya menjadi satu. Selain fitur meng kompres dan meng ekstrak, di dalam aplikasi ZArchiver ini juga terdapat fitur file explorer dan file manager, yang kedua fitur tersebut sama-sama dapat mempermudah dalam mengakses dan mengelola file-file dan dokumen yang ada di perangkat kamu

Aplikasi ZArchiver ini mendapatkan rating sangat baik di Google Play Application Store. Oleh karena itu, bisa menjadi pilihan utama untuk kamu gunakan sebagai aplikasi pengatur file rar dan zip lalu tar juga tar.gz di android. Jika kamu ingin me dengan aplikasi ini, silahkan  dapatkan langsung dengan mengunjungi halaman ini.

3. AndroZip File Manager
Aplikasi AndroZip File Manager, diyakini sebagai aplikasi pertama yang drilis untuk mengekstrak atau membuat file ZIP dan RAR pada smartphone atau tablet android. Aplikasi ini juga mendukung jenis ekstensi selain ZIP dan RAR, yaitu seperti TAR, TAR.GZ, dsb.

Aplikasi AndroZip ini  juga memiliki fitur untuk share file dan dokumen kamu langsung melalui email, ataupun media lainnya. Kamu juga bisa menggunakan task killer dari aplikasi ini. Kunjungi langsung halaman Aplikasi 
AndroZip File Manager disini.

Cara untuk membuat / meng kompres sebuah file ke file ZIP atau RAR dengan app ini sama halnya seperti di komputer / laptop, untuk meng kompres pilihlah salah satu atau beberapa file, kemudian pilih Create. Tunggu sampai prosesnya selesai. Dengan begitu kamu bisa meng ekstrak atau meng kompres file ke bentuk ZIP dan RAR dengan mudah dan simpel.


 
Sekian daftar aplikasinya, baca juga Tutorial Cara Recovery / Mengembalikan Data File / Dokumen yang Terhapus / Ter-format di HP Android, itulah tadi beberapa yang penulis rekomendasikan untuk kamu gunakan sebagai Pengatur file ZIP dan RAR di Smartphone Android. Semoga dapat bermanfaat dan pasti membantu kamu.
Cara Membuka / Ektrak File ZIP dan RAR di Android Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown