Cara Menambah Memori Internal Android dan Kapasitas Memory Card

Cara Menambah Memori Internal Android dan Kapasitas Memory Card

memperbesar kapasitas memory card internal eksternal di hp android

Saya yakin banyak diantara kalian yang mengeluh dengan kapasitasmemori yang tidak ada cukupnya, sebab aplikasi android baru selalu bermunculan dan data pribadi semakin bertambah. Akan saya bahas solusi agar tidak perlu kuatir lagi dengan masalah memory internal yang over capacity.

My Android Tips on Cara Menambah Memory Internal Android dan Menambah Kapasitas Memory Card

Bagaimana cara Memperbesar Kapasitas Memory Android kita ?

Di kesempatan ini akan saya bagikan cara untuk kalian para hp android user agar bisa menambah kapasitas memory di handphone langsung tanpa membeli perangkat keras apapun lagi. Kemudian cara membesarkan memori internal android sangatlah mudah hanya dengan beberapa langkah saja memori internal kamu akan menjadi besar sehingga kamu bisa instal ratusan aplikasi tanpa khawatir memori internal kamu penuh.

Berikut ini adalah tutorial cara mengatasi memori internal android cepat penuh :

Langsung saja kita masuk ke pembahasan cara menambah memory internal android. Supaya tidak bosan lama – lama baca tutorial saya. Ada dua langkah utama yaitu partisi microSD untuk persiapan memori kamu dan yang ke dua menambah memori internal android. Oke lanjutkan ke step by step dibawah ini ya!

menambah memory internal di hp android cara tutorial lengkap


Sebelum ke cara inti menambah memory internal android, kita harus persiapkan memori micro SD kita untuk menjadi memori internal. Caranya adalah dengan mempartisi memori tersebut.
  1. Dapatkan Mini tool Partition => Dapatkan disini.
  2. Install software tersebut dan jalankan di komputer
  3. Backup dulu data memori kamu sebelum partisi
  4. Masukkan micro SD dengan card reader ke komputer
  5. Setelah micro SD terdeteksi didalam mini tool partition, klik kanan micro SD, klik delete maka akan menjadi Unallocated namun data kamu akan hilang disini. itu gunanya backup data
  6. Klik kanan lagi lalu pilih file system : fat 32, isi sebesar yang kamu inginkan. Ini digunakan untuk menyimpan file data kamu seperti lagu dll
  7. Nah, kalau sudah ulangi lagi, tapi formatnya create as: primary
  8. Sisakan saja 100MB untuk partisi ke 3 ( optional ) format : linux swap
  9. Klik tombol Apply di pojok kiri atas dengan tanda centang. Kemudian tunggu hingga selesai.
  10. Jika sudah berhasil, akan terlihat 2 atau 3 partisi yang kamu buat tadi, namun di windows explorer hanya terbaca 1 saja.
Cara menambah memori internal setelah proses partisi itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan Android kamu sudah di ROOT, tutorial untuk root semua tipe handphone lihat disini.
  2. Sediakan MicroSD yang sudah dipartisi. Untuk partisi lihat langkah diatas. Usahakan memory adalah class 10 yang berarti memiliki kecepatan yang tinggi sehingg baik untuk memory internal dan tidak memperlambat kerja android.
  3. Setelah memori kamu di partisi, lalu jalankan Link2SD dan pilihlah ext2
  4. Setelah semuanya berhasil, reboot android.
  5. Buka kembali Link2SD lagi. Lihat apakah status memori kamu “mounted”, jika belum ulangi langkah 3.
  6. Jika masih gagal lagi,ulangi cara ke3 dan ganti dari sebelumnya ext2 menjadi ext3, begitu pula saat partisi memori kamu.
  7. Setelah berhasil maka memori interneal di android akan meningkat. Gunakan Link2SD Untuk memindahkan aplikasi ke memori internal buatan. Ini akan membuat memori internal asli jadi longgar.

Pasti bermanfaat, masih banyak artikel berguna untuk para android user di blog ini, silakan lihat-lihat ya, salam hp android sobat...
Cara Menambah Memori Internal Android dan Kapasitas Memory Card Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown