Cara Mengubah / Mengganti Variasi Tampilan Aplikasi BBM Android

Cara Mengubah / Mengganti Variasi Tampilan Aplikasi BBM Android

Cara Mengubah / Mengganti Variasi-kan Tampilan Aplikasi BBM di Android - Halo teman, kita bertemu lagi di artikel seputar tips dan trik untuk perangkat hp berbasis android, di My Android Tips kali ini, kita akan ambil topik bagaimana cara mengedit tampilan BBM menjadi lebih cantik / personalisasi sesuai keinginan kita.

Jika di topik sebelumnya saya telah membahas artikel tentang cara mengubah tampilan background SMS di android, dan tema yang akan saya bahas kali kini tidak berbeda jauh yaitu masih tentang cara mengubah tampilan background, dan tampilan yang akan di ubah / di edit kali ini adalah background BBM android dan juga baloon chat serta menu BBM android nya juga dan contact list BBM android.

Jika kamu adalah termasuk orang yang ingin mencoba hal dan sesuatu yang baru di BBM android, artikel yang saya bagikan kali ini sangat cocok untuk kamu, karena atikel kali ini merupakan tutorial yang di khusus kan kepada kamu yang mungkin sudah bosan atau merasa kurang menarik dengan tampilan yang default yang ada di perangkat smartphone android.

Jika kita semua yang sudah mencoba BBM di android pasti sudah mengetahui BBM hanya mempunyai background berwarna putih saja yang polos tanpa gambar apapun dengan menu-menu diatasnya yang berwarna hitam dan biru. Bagi kamu pengguna aktif, dan tidak bisa lepas dengan aplikasi messenger yang satu ini pasti lama-kelamaan akan bosan dengan tampilannya yang putih itu saja yang tanpa variasi.

Variasi dapat kita lakukan dengan mudah jika bosan dan ingin mengganti tampilan background BBM tersebut. Dan cara mengubah / mengedit tampilan background BBM di android dapat dilakukan dengan mudah, bisa dengan PC atau langsung dengan ponsel, dan disini saya akan coba menjelaskannya dengan kedua cara tersebut. sebelum kita mulai tutorial langkah-langkah nya lihat lah berikut adalah contoh tampilan yang telah di modifikasi oleh penulis, cantik bukan ? :

 Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di AndroidCara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android
Perhatian !!
Sebelumnya, jika kamu sudah menginstall BBM official / resmi di smartphone android, kamu harus melakukan uninstall BBM tersebut terlebih dahulu untuk dapat mengubah background BBM. karena aslinya yang sudah di install tidak dapat dilakukan perubahan. oleh karena itu, apabila kamu ingin mengubah tampilan backgorund BBM harus melakukan backup semua kontak yang di miliki serta harus ingat USERNAME dan PASSWORD akun BBM. karena BBM modifikasi ini akan meminta untuk melakukan registrasi apabila kalian lupa atau belum memiliki akun. jika kamu tidak mau terjadi sesuatu, lebih baik tidak perlu diganti. 
Baiklah sebelum cara langkah-langkah tutorialnya dimulai, kamu harus persiapan terlebih dahulu beberapa peralatan dan komponen yang dibutuhkan selama proses berlangsung, yaitu :
  • Sebuah perangkat smartphone android yang sudah bisa melakukan install BBM.
  • BBM modifikasi, silahkan dapatkan disini ( BBM modifikasi ini sudah di modifikasi / edit background nya dan siap untuk diinstall dengan variasi nya, tapi bisa untuk di ubah lagi dengan aplikasi berikut ).
  • Apk Editor, silahkan download disini.
  • Jika kamu ingin mengubah background BBM melalui komputer, siapkan komputer dengan aplikasi WinRar yang sudah terdapat di dalam PC Komputer.
  • Tiga buah gambar dengan format .PNG yang sudah kamu siapkan (usahakan ukuran gambar yang kamu siapkan sesuai dengan resolusi dari perangkat android yang ingin di install BBM atau kurang. usahakan ukuran gambar jangan sampai lebih dari resolusi layar HP android), ganti juga nama file gambar dengan nama back_chat.png, back_main.png, back_slide.png masing-masing untuk penempatan di aplikasi BBM android nya.
Kemudian jika semua komponen dan peralatan untuk totorial cara nya sudah kamu siapkan, selanjutnya kita bisa mulai tutorial cara mengubah / edit tampilan background BBM modifikasi android berikut ini, simak langkah-langkah cara memodifikasi tampilan aplikasi BBM Android berikut :
  • Silahkan download BBM modifikasi dan juga apk editor pada list di atas kemudian pindahkan ke SD card dan lakukan installasi apk editor terlebih dahulu.
  • Kemudian jalankan apk editor, kemudian cari dan pilih aplikasi BBM modifikasi.apk.
  • Selanjutnya kamu akan melihat 4 buah folder, ada assets, lib, meta-inf, dan res. Kamu pilih folder "res" kemudian pilih folder "drawable".

gambar ilustrasi cara ganti background bbm android


gambar ilustrasi cara ganti background bbm android
  • Di dalam folder drawable cari file dengan nama "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". file-file gambar png tersebut merupakan file gambar yang akan kita ganti dengan file gambar yang kita inginkan. jangan lupa ganti nama file gambar milik kamu sesuai dengan ketiga nama diatas agartrik yang saya bagikan ini bisa berhasil.

Ganti Background BBM Android
  • Pilih ke 3 file gambar png diatas, lalu tekan dan tahan satu-satu file tersebut dan ganti dengan gambar yang di inginkan. biasanya saat kamu menekan dan menahan, akan keluar sebuah menu. Pilih "replace" untuk mengganti file gambar tersebut, lalu cari file gambar dengan ekstensi png yang sudah kamu siapkan. biasanya proses penggantian / replace file gambar ini berlangsung selama 1 menit, jadi tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Selanjutnya jika sudah di replace, masih di apk editor kamu keluar dari folder-folder tersebut sampai terdapat aplikasi BBM modifikasi.apk. nah, disini tekan dan tahan pada BBM modifikasi tersebut, maka akan muncul menu. Pilih optimize & sign lalu tunggu beberapa detik. jika prosesnya sudah selesai, kamu akan melihat file "apk.bak" itu adalah file yang sudah di optimasi. namun, biarkan saja file tersebut lalu install aplikasi BBM modifikasi tersebut yang hasil kita variasikan  ( BBM modifikasi.apk bukan apk.bak ). 
kustomisasi variasi bbm android
  • Langkah terakhir apabila BBM modifikasi sudah berhasil di install dan dibuka pada perangkat kamu, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah kamu simpan sebelumnya.
  • Selesai, sekarang lihatlah kamu sudah dapat Merubah dan mengganti Tampilan BBM di Android.
    Berikut ini saya akan menjelaskan tutorial cara kedua untuk mengubah tampilan BBM, yaitu lewat PC Komputer kamu :
    • Setelah mendapatkan BBM modifikasi.apk diatas, kemudian buka aplikasi apk BBM modifikasi dengan menggunakan winrar. Untuk bisa membukanya sebelumnya ubah dulu ekstensi file BBM modifikasi nya nya, kamu ubah dari .apk menjadi rar ( kamu bisa ubah dengan cara rename ).
    • Setelah itu ekstrak BBM modifikasi.rar pada folder baru, jadi sebelumnya buat dulu folder barunya terserah mau diberi nama apa saja.
    • Jika sudah di ekstrak, Selanjutnya cari folder "res ⇨ drawable". di dalam folder drawable akan ada 3 file, "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". sama seperti cara melalui ponsel, kamu ganti / replace ke tiga gambar tersebut dengan file gambar milik kamu ( pastikan sudah menyiapkan file png untuk mengganti background modif tersebut ), jangan lupa gambar di beri nama yang sama seperti ketiga file png diatas.
    • Langkah terakhir apabila sudah masukkan ketiga file gambar dan sudah terganti, kompres / gabungkan kembali file-file yang telah diekstrak tersebut dengan winrar ( block kemudian pilih winrar lalu add to archive ), setelah selesai kembali lagi kamu ganti ekstensi .rar menjadi .apk pada BBM modif, kemudian pindahkan aplikasi BBM modif ke SD card. lakukan installasi seperti biasa, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah disimpan sebelumnya.
    Demikian tutorial cara untuk memodifikasi aplikasi BBM kamu. Itulah dua cara mudah yang bisa saya bagikan untuk kalian agar dapat mengganti tampilan BBM hp android kamu, lihat juga Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data Di HP Android.

    Dengan begini tidak akan mudah bosan dengan tampilan BBM, karena kamu bisa edit background sesuka hati berapa kali pun kamu mau. Demikian artikel yang saya bagikan kali ini tentang Cara Mengubah / Mengganti Variasi Tampilan Interface Aplikasi BBM Android. Pasti bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita bersama-sama, silakan berkomentar.
    Cara Mengubah / Mengganti Variasi Tampilan Aplikasi BBM Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown