Cara Menjaga Keamanan Handphone Tablet Android Gadget dan Data

Cara Menjaga Keamanan Handphone Tablet Android Gadget dan Data


Cara Tetap Menjaga Keamanan Handphone Tablet Android - Halo sobat, Pada artikel ini saya akan membahas cara menjaga dan meningkatkan keamanan Handphone / Smartphone / Tablet Android. Terus menjaga keamanan handphone itu sendiri dan data didalamnya serta perawatan secara fisik merupakan hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kenyamanan dan security Kamu dalam Penggunaan Handphone Android. Selain itu disarankan untuk Kamu selalu hati-hati agar Handphone Kamu tidak hilang, ada baiknya Kamu tingkatkan sistem keamanan yang bagus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, dengan adanya bahaya yang dapat terjadi menyerang ponsel kita terutama data yang ada di dalam Handphone, diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi ancaman yang terjadi. Beberapa contoh halnya yaitu handphone Kamu hilang, data Kamu dicuri yang bisa mengakibatkan security threat ( kontak telepon, pesan / message, akun, data pribadi, rekening bank, dll ), adanya virus, rusak karena tidak hati-hati dalam penggunaan dan lain lain.

Kita tentu harus menjaga smartphone yang dimiliki agar tetap aman, terjaga, dan tidak disadap oleh perangkat lain ( virus free ) serta beragam aplikasi berjalan dengan baik.

Berikut cara-cara yang sangat-sangat berguna untuk meningkatkan security / keamanan ponsel Kamu dari segala bentuk security threat / resiko ancaman yang dapat terjadi terhadap Handphone Kamu yang dapat terjadi kapanpun.

Tips Tetap Menjaga Keamanan Handphone Tablet Android :
    • Gunakanlah Selalu Screen Lock ( Pengunci Layar )
      Selain Slide Unlock, dalam Handphone minimal Android versi 2.1, Kamu dapat menggunakan 3 jenis Pattern Lock yang menawarkan sistem yang lebih aman. Bahkan untuk Android 4.0 anda dapat gunakan fitur Face Unlock untuk mengunci Handphone Kamu.

      Dengan fitur aplikasi security Pattern Lock bawaan OS ini, kita akan memasukkan kode sentuhan di layar pada 9 dot atau 12 dot. Sedangkan Face Unlock yaitu akan melakukan screenshoot gambar wajah kita untuk membuka kunci.
      9 Dot Pattern Unlock
      9 Dot Pattern Unlock

      Beberapa opsi pilihan penguncian pada ponsel Kamu yang telah terdapat dalam security feature / fitur keamanan dari OS Android :
        1. PIN : Terdiri dari angka-angka untuk meng lock Handphone Kamu.
        2. PASSWORD : Terdiri dari kombinasi angka dan huruf untuk mengelock Handphone.
        3. Pattern Lock : Terdiri dari 9 titik dan gambarlah sebuah pattern yang melalui 9 titik tersebut.
        4. Face Unlock : Merekam wajah Kamu sebagai pembuka kunci Handphone dengan mencocokkan pola mata dan bentuk wajah.
            • Memastikan Menggunakan Akun Gmail ( E-mail / Surat Elektronik ) Dengan Bijak
              Android adalah sistem operasi milik Google, jadi Kamu membutuhkan akun Google (atau Gmail) untuk menggunakan banyak fitur di smartphone yang dapat dipilih. Jika belum memilikinya, Kamu bisa langsung membuatnya langsung dari ponsel atau melalui web online tools.

              Nah saat pertama kali mengakses beberapa fitur yang terhubung dengan Google seperti Play Store App Market, Kamu akan langsung menemukan pilihan untuk membuat akun Gmail (email Google).

              Cara Membuat email cukup mudah yaitu Silahkan kunjungi ke www.gmail.com
              Kemudian, Kamu hanya tinggal mengisi beberapa informasi data diri yang diminta serta nama akun beserta password pilihan Kamu. Sedangkan jika Kamu sudah memilikinya, cukup memasukkan nama akun dan password untuk mendaftarkan smartphone Kamu dengan server Google.

              Kemudian Kamu harus pastikan Kamu menggunakan akun Gmail tersebut dengan bijak, tidak login di sembarang tempat karena bisa membuat password kamu ter ekspos.

              Dan saya rekomendasikan agar melakukan tindakan pengamanan berlapis ( Layered Security ) yaitu dengan menambahkan Nomor Handphone Kamu ketika mendaftar di akun google sehingga google dapat melakukan konfirmasi keamanan lewat mobile network.
            • Selalu Aktifkan Anti Virus
              Selanjutnya, selain ancaman dari luar, Handphone Kamu juga bisa mengalami ancaman dari dalam seperti Virus, Malware, Scams, dll. Buat Kamu yang suka mendownload dan menginstall aplikasi diluar Google Play, berhati-hati terhadap ancaman ini. Bahkan kadang ada aplikasi Malware yg lolos verifikasi dari Google Play.

              Oleh karena itu silahkan download antivirus secara gratis yang dapat menjaga sistem program aplikasi Kamu. AVG Mobilation Free adalah antivirus nomor 1 dan paling populer serta banyak digunakan di Operating System ini.

              AVG Security Mobilation

              Selain sebagai anti virus, AVG Mobilation juga punya beberapa fitur yang berguna untuk Handphone Kamu, seperti: Anti Theft, Task Killer, dan Tune Up.
            • Gunakanlah Anti Theft
              Ada beberapa aplikasi anti theft di Google Play. Ane pribadi menggunakan Anti Theft yang disediakan oleh AVG Mobilation.

              Berikut ini merupakan beberapa fitur yang berguna dalam Anti theft AVG Mobilation :
              1. Shout: Membunyikan ringtone Handphone kita menjadi full music (kalau Kamu set ringtone mp3)
              2. Locate: Melacak keberadaan ponsel Kamu berada dalam jarak wilayah hingga dekat. GPS akan otomatis dihidupkan untuk menjalankan fitur ini. Walaupun belum tentu akurat, namun setidaknya agan mengetahui didaerah mana Handphone agan berada.
              3. Lock: Mengunci dari kejauhan Handphone agan dengan PIN.
              4. Wipe: Membersihkan data-data di Handphone dari kejauhan serta dapat dikontrol.
                 
              • Matikan/Nonaktifkan Bluetooth jika sudah tidak digunakan
                Terakhir, Pastikan Bluetooth Mati saat Tak Digunakan. Selain untuk menghemat pemakaian baterai, menonaktifkan bluetooth juga harus dilakukan untuk melindungi dari ancaman virus melalui bluetooth (Virus attacks mobiles via Bluetooth), juga antisipasi dari orang yang menyalahgunakan bluetooth sebagai alat perampok/pencuri data bagi pengguna yang suka lupa mematikan bluetooth diperangkatnya.
              Demikian artikel yang saya bahas kali ini. Semoga tips Cara Tetap Menjaga Keamanan Handphone Tablet Android ini bermanfaat untuk Kamu, salam... :)

              Cara Menjaga Keamanan Handphone Tablet Android Gadget dan Data Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown